Pengertian Fly Ash

Fly Ash

Definisi : Fly Ash adalah Fly "terbang" Ash  "abu" fly ash dalam bahasa indonesia berarti abu terbang.

    
Jual Fly Ash Abu-abu Fly ash/Abu Terbang adalah limbah padat yang terdiri dari partikel-partikel halus yang muncul dengan gas buang pembakaran dan diangkut dari ruang batubara pada pembangkit listrik tenaga uap. Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) melakukan proses pembakaran batubara dengan cara ditumbuk dan ditiup dengan udara ke ruang bakar boiler di mana ia segera menyatu, menghasilkan panas dan memproduksi residu mineral cair. Tabung boiler mengekstrak panas dari boiler pendinginan gas buang dan menyebabkan residu mineral cair yang mengeras dengan membentuk abu. Partikel abu kasar disebut sebagai bottom ash atau slag jatuh ke bagian bawah ruang pembakaran, sementara ringan partikel abu halus disebut fly ash tetap tersuspensi dalam gas buang. Sebelum melelahkan gas buang fly ash dihapus oleh perangkat kontrol emisi partikulat seperti debu elektrostatis atau rumah kantong kain filter. Jadi sisa hasil pembakaran dengan batubara menghasilkan abu yang disebut dengan fly ash dan bottom ash.
          Batubara sebagai bahan bakar yang digunakan di PLTU. Dengan akibat naiknya harga minyak, maka banyak perusahaan yang beralih menggunakan batubara sebagai bahan bakar untuk menghasilkan steam (uap). Dengan menggunakan batubara itu sebuah peridustian menciptakan limbah dari batu baru yang berupa fly ash  dan bottom ash. Fly ash ini paling sering digunakan sebagai pozzolan dalam aplikasi PCC. Pozzolans adalah bahan mengandung silika atau silika dan alumina, yang dalam bentuk halus yang terpisah dan di hadapan air, bereaksi dengan kalsium hidroksida pada suhu biasa menghasilkan senyawa semen. oleh karena itu Fly ash dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan beton.
         Fly ash mengandung unsur  kimia antara lain silica (SiO₂), alumunia (Al₂O₃), fero oksida, ( Fe₂O₃)dan kalsium oksida (CaO) dan juga mengandung unsure tambahan lain yaitu magnesium oksida ( MgO), titanium oksida (TIO2), alkalin (Na₂O dan K₂O), sulfur trioksida ( SO₃) , pospor oksida (P2O5)dan carbon.

Komponen (%) Bitiminus Subbitumins Lignit
SiO₂ 20-60 40-60 15-45
Al₂O₃ 55-35 20-30 20-25
Fe₂O₃ 10-40 4-10 4-15
CaO 1-12 5-30 15-40
MgO 0-5 1-6 3-10
SO₃ 0-4 0-2 0-10
Na₂O 0-4 0-2 0-6
K₂O 0-3 0-4 0-4
LOI 0-15 0-3 0-5

           Fly ash terutama terdiri dari oksida silikon, besi aluminium dan kalsium. Magnesium, potasium, sodium, titanium, dan sulfur juga hadir untuk tingkat yang lebih rendah. Ketika digunakan sebagai mineral pencampur dalam beton. fly ash diklasifikasikan sebagai Kelas C atau Kelas F abu berdasarkan komposisi kimianya. American Association of State Highway Transportation Pejabat (AASHTO) M 295 [American Society untuk Pengujian dan Material (ASTM) Spesifikasi C 618] mendefinisikan komposisi kimia dari Kelas C dan Kelas F fly ash.
Kelas C abu umumnya berasal dari batubara sub-bituminous dan terutama terdiri dari kalsium kaca alumino-sulfat, serta kuarsa, alumina trikalsium, dan bebas kapur (CaO). Kelas C ash juga disebut sebagai fly ash kalsium tinggi karena biasanya mengandung lebih dari 20 persen CaO.
Kelas F abu biasanya berasal dari bitumen dan antrasit batubara dan terutama terdiri dari kaca alumino-silikat, dengan kuarsa, mullite, dan magnetit juga hadir. Kelas F, atau fly ash kalsium yang rendah memiliki kurang dari 10 persen CaO.
          Untuk pengendalian pencemaran limbah dalam beberapa dekade terakhir sekarang harusnya membuat limbah itu untuk menjadi uang. Di Amerika Serikat, fly ash umumnya disimpan pada pembangkit listrik batu bara atau ditempatkan di tempat pembuangan sampah. Sekitar 43% didaur ulang, sering digunakan untuk melengkapi semen Portland dalam produksi beton. Beberapa telah menyatakan keprihatinan kesehatan tentang hal ini. Dalam beberapa kasus, seperti pembakaran sampah untuk menciptakan listrik ("resource recovery" Fasilitas alias fasilitas limbah ke energi, fly ash dapat mengandung kadar tinggi dari kontaminan dari bottom ash dan pencampuran fly ash dan bottom bersama-sama membawa kadar proposional kontaminan dalam jangkauan untuk memenuhi syarat sebagai limbah tidak berbahaya dalam keadaan tertentu. Tidak hanya Amerika serikat saja yang menggunakan fly ash sebagai agregat beton seperti  Jerman, India, China dan negara maju lainnya juga menggunakannya. Oleh sebab itu, murni fly ash sebagai penjual fly ash  dengan harga murah dan berkualitas.