Cara Pemakaian Fly Ash

Fly ash merupakan bahan bangunan yang baik untuk pembuatan agregat dalam campuran beton. kegunaannya tak hanya untuk mengirit semen saja yang jelas menambah kualitas beton, kekedapan air, ketahanan terhadap sulfat dan mudah dalam pengerjaan. Berikut ini merupakan tata cara penggunaan fly ash sebagai bahan bangunan:
  • Petunjuk Penggunaan Fly Ash dan Perkiraan komposisi penggunaan fly ash (berat semen 40kg/ zak) :
  1. Untuk campuran mortar beton cor (lantai dak, sloof, kolom) Komposisi : Perbandingan adonan adalah 70% semen (28kg) : 30% fly ash (12kg) .
  2. Untuk pasangan keramik, benangan dan acian. Komposisi : Perbandingan adalah 50% semen (20kg) : 50% fly ash (20kg) .
  3. Untuk pasangan batu pondasi. Komposisi : Perbandingan adalah 40% semen (16kg) : 60% fly ash (24kg) .
  4. Untuk pasangan bata merah atau batako. Komposisi : satu zak fly ash (30kg) dicampur dengan 10-12 keranjang pasir ditambah dengan semen secukupnya yang disesuaikan dengan kondisi bangunan yang diinginkan.
Penggunaan fly ash ini harus sesuai dengan aturan. Sebab jika penambahan fly ash terlalu banyak maka mutu dari beton tersebut justru akan turun. Maka dari itu penambahan fly ash pada campuran pembuatan beton, disesuaikan takaran atau ukuran dalam komposisi penggunaan fly ash. Oleh karena itu, tercipta acian mortar kondisi bangunan yang diinginkan. Di sini kami sebagai penjual fly ash dalam bentuk kemasan karung.